12 Merk Hardisk Eksternal Terbaik yang Bagus & Awet

Hardisk eksternal kian hari semakin dicari. Hal ini menandakan bahwa ruang penyimpanan yang bersifat internal tidak lagi mampu mencukupi kebutuhan para pengguna. Selain itu, alasan lain yang mendalangi membludaknya permintaan pengguna terhadap hardisk eksternal dikarenakan kapasitas tampung yang lebih besar dan dapat digunakan sebagai media untuk menyadangkan data (back up) yang lebih aman.

Sekarang ini sudah banyak hardisk eksternal yang beredar di pasaran. Jika Anda berencana untuk membeli sebuah hard drive external, sebaiknya pilih produk yang benar-benar berkualitas agar tidak gampang rusak. Untuk memudahkan Anda, berikut ini akan MerkTerbaik.com rekomendasikan beberapa merk hardisk eksternal terbaik yang sudah teruji kualitasnya oleh para pengguna yang tersebar di seluruh negara.

1. LaCie Rugged Thunderbolt & USB 3.0

LaCie Rugged Thunderbolt & USB 3.0 Merk hardisk eksternal terbaik

Selain mengeluarkan flashdisk dalam bentuk yang unik, ternyata LaCie juga mengeluarkan media penyimpan data eksternal yang juga tak kalah unik mengenai bentuknya. Hardisk eksternal terbaik di dunia yang dibesut oleh LaCie menawarkan kecepatan transfer data super cepat lewat port USB 3.0 dan Thunderbolt di dalam satu perangkat.

LaCie Rugged Thunderbolt & USB 3.0 dibalut dengan material yang tahan terhadap benturan, air, dan debu, selama port tidak terbuka. Berkat ketangguhannya, merk hardisk eksternal terbaik yang menerapkan hasil desain dari seorang desainer produk ternama Neil Poulton ini dapat melindungi data pribadi Anda dengan sangat baik.

Jika Anda membutuhkan privasi lebih untuk melindungi data, LaCie Rugged Thunderbolt & USB 3.0 juga bersedia melakukannya. Mengapa? Sebab LaCie telah membekali teknologi enkripsi data AES 256-bit pada merk hardisk eksternal terbaik persembahannya ini. Jika Anda tertarik untuk membeli hardisk ini, LaCie menyediakan kapasitas penyimpanan mulai dari 1 TB – 4 TB.

2. Samsung P3 Portable External Hard Drive

Samsung P3 Portable External Hard Drive

Bentuk yang ramping dengan sentuhan desain yang elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi Samsung P3 Portable External Hard Drive. Komponen untuk mencadangkan data persembahan Samsung ini diklaim sebagai hardisk eksternal bagus dan paling tipis di dunia yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4 TB (mulai dari 500 GB). Samsung membekali P3 Portable dengan konektor USB 3.0 untuk terhubung pada komputer maupun perangkat lain yang mendukung.

Pada P3 Portable yang menawarkan ruang penyimpanan sebesar 4 TB, Samsung menanamkan empat piringan yang masing-masingnya dapat menyimpan data sebanyak 800 GB. Dengan dukungan tenaga USB 3.0, Samsung P3 Portable dapat bekerja menyalin data dengan sangat cepat. Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk ini. Alasannya, Samsung P3 Portable selain berukuran tipis, juga mempunyai bobot yang ringan (sekitar 23 gram).

3. WD My Passport Ultra

Western Digital (WD) My Passport Ultra termasuk ke dalam jajaran merk hardisk eksternal terbaik. WD mendesain hardisk ini dalam bentuk yang ringkas dan berbobot ringan. Hardisk eksternal paling awet dari WD dibekali dengan fitur backup data otomatis dan backup ke cloud. Bukan cuma itu, berkat koneksi USB 3.0, WD My Passport Ultra juga memberikan performa maksimal untuk memindahkan data dalam waktu yang relatif cepat dan singkat.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, WD My Passport Ultra dapat melakukan backup data secara otomatis. Fitur tersebut merupakan hasil kerja dari WD SmartWare Pro yang juga terdapat dalam hardisk ini. Dengan WD SmartWare Pro, Anda bisa mengatur proses backup data secara otomatis ke dalam hardisk ataupun ke cloud via Dropbox.

Meskipun menggunakan koneksi USB 3.0, WD My Passport Ultra tetap dapat disambungkan ke perangkat lain, semisal PC, laptop, atau notebook, dengan konektor penghubung USB 2.0. Akan tetapi, kecepatan transfer yang dilakukan tidak bisa sekilat seperti pada PC modern yang telah dibekali dengan port USB 3.0.

WD My Passport Ultra tidak akan merepotkan Anda. Alasannya, hardisk eksternal yang bagus ini tidak membutuhkan power adapter eksternal, sehingga Anda tidak akan kerepotan untuk mengurus kabel tambahan. Bagian rangka yang melindungi komponen di dalamnya terbuat dari bahan berkualitas sehingga data Anda aman terlindungi meskipun hardisk mengalami guncangan dan benturan.

Satu lagi yang perlu diketahui, WD juga menambahkan fitur pengaman data pada hardisk eksternal berkualitas ini. Fitur tersebut diberi nama WD Security yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan password dan enkripsi pada data yang menurut Anda penting untuk dilindungi. Mengetahui beragam keunggulan dari WD My Passport Ultra secara keseluruhan, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli hardisk ini.

4. Buffalo MiniStation Extreme NFC

Buffalo MiniStation Extreme NFC

Data adalah aset digital yang berharga. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan menempatkan data di dalam hard drive internal. Kami sarankan agar Anda mempercayakan data-data tersebut pada Buffalo MiniStation Extreme NFC. Hardisk eksternal terbagus dari Buffalo sudah dibekali dengan pelindung berteknologi enkripsi 256-bit AES Full Disk Encryption (FDE) dan fitur proteksi menggunakan kata sandi yang bisa dikonfigurasi dengan sangat mudah.

Bukan hanya mengamankan file dari dalam, akan tetapi Buffalo MiniStation Extreme NFC juga bisa melindungi data dari luar. Semua itu dikarenakan Buffalo membekali hardisk unggulannya ini dengan pelindung benturan yang memenuhi standar militer. Pelindung tersebut terbuat dari bahan karet yang menyelimuti keseluruhan sisi hardisk. Bahkan, merk hardisk terkenal Buffalo ini juga telah memenuhi kualifikasi IPX3 dan IP5X yang artinya tahan terhadap semprotan air dan terpaan debu.

Hardisk eksternal hasil rancangan Buffalo satu ini sudah terintegrasi dengan SuperSpeed USB 3.0 yang mempunyai kecepatan transfer 10 kali lebih cepat dibanding USB 2.0. Jika dipasangakan pada perangkat dengan port USB 2.0, kecepatan transfernya mencapai angka 450 MBps. Buffalo MiniStation kompatibel dengan PC atau Mac, tanpa perlu melakukan instalasi tambahan. Pilihan kapasitas penyimpanan yang tersedia mulai dari 500 GB – 2 TB.

Satu yang juga menjadi andalan dari hardisk Buffalo yakni aplikasi Buffalo Tools. Aplikasi tersebut merupakan perangkat lunak tambahan yang menyediakan fitur Backup Utility untuk menyadangkan data di komputer Anda. Selain Backup Utility, ada juga Eco Manager untuk menghemat konsumsi daya, TurboPC untuk menambah kinerja sistem komputer, dan SecureLock untuk melindungi aset digital Anda yang tersimpan di dalam hardisk.

5. Transcend StoreJet 25M3

Transcend StoreJet 25M3

Transcend StoreJet 25M3 hadir sebagai solusi untuk mengatasi kehawatiran Anda terhadap file berukuran besar atau kemungkinan-kemungkinan hardisk jatuh secara tak sengaja karena sedang terburu-buru. Transcend StoreJet dibungkus dengan 3 lapisan perlindungan berstandar militer yang berfungsi untuk meredam benturan dan mencegah kerusakan data yang terdapat di dalam hardisk.

Jika suatu waktu Anda sedang terburu-buru untuk melakukan pemindahan data, Transcend StoreJet 25M3 akan bekerja dengan kecepatan tinggi untuk melakukan transfer data berkat teknologi antarmuka USB 3.0. Menurut klaimnya, hardisk eksternal yang berkualitas ciptaan Transcend ini dapat menyimpan video DVD sebesar 4.7 GB dalam waktu sekitar 63 detik saja.

Transcend juga menyempurnakan hardisk eksternal besutannya ini dengan aplikasi Transcend Elite dan tombol One Touch Auto-BackUp. Tombol yang bisa mem-backup data dalam satu kali sentuhan ini bisa melindungi data penting milik Anda selama bepergian. Namun, sebelum menggunakan fitur pencadangan data otomatis tersebut, pastikan bahwa aplikasi Transcend Elite sudah terinstal sebelumnya.

6. Toshiba Canvio Connect II

Saat bepergian, Anda tetap bisa menonton film favorit apabila membawa Toshiba Canvio Connect II. Sebuah hardisk eksternal yang tahan lama dibesut oleh Toshiba dapat menampung ribuan foto, video, lagu, dan dokumen pekerjaan. Kapasitas tampung yang ditawarkan oleh Toshiba mulai dari 500 GB – 3 TB. Toshiba membekali aplikasi Remote Access pada hardisk ini agar pengguna bisa mengubah PC menjadi server cloud pribadi.

Toshiba Canvio Connect II bisa diakses ke berbagai jenis perangkat yang mendukung. Seperti namanya, Canvio Connect II harus terhubung pada perangkat yang memiliki koneksi Wi-Fi. Agar pengaksesan berjalan tanpa kendala, pastikan perangkat selalu dalam mode aktif. Sementara itu, Toshiba juga menambahkan aplikasi NTI Backup Now EZ yang dapat menyadangkan data secara otomatis dari PC ke dalam hardisk.

Toshiba bukan hanya menyediakan varian kapasitas penyimpanan, tetapi juga 5 pilihan warna yang Anda pilih sesuai selera. Untuk memaksimalkan fitur cloud backup, Toshiba menyediakan kapasitas cloud storage tambahan sebesar 10 GB. Selain itu, Toshiba Canvio Connect II juga dilengkapi dengan sensor Internal Shock dan Ramp Loading Techonlogy yang berguna untuk melindungi data yang tersimpan apabila terjadi benturan saat dibawa bepergian.

7. Seagate Backup Plus Slim

Seagate Backup Plus Slim

Anda bisa menyadangkan data di mana saja dan kapan saja dengan Seagate Backup Plus Slim. Hardisk eksternal terbaik merk Seagate menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi semua data digital pribadi milik Anda. Hard drive dengan port USB 3.0 ini sudah dibekali dengan aplikasi Seagate Dashboard yang dapat melindungi dan menyadangkan data di dalamnya secara otomatis dengan dua pilihan, terjadwal dan kontinyu.

Untuk pengguna iOs dan Android, Seagate menyediakan Seagate Dashboard dan Mobile Backup bila ingin menyadangkan foto dan video ke layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Belum selesai sampai di situ, Seagate juga menawarkan Backup Plus Slim untuk Anda menyadangkan semua foto dan video yang tersimpan di dalam akun Facebook dan Flickr Anda ke dalam hardisk. Bahkan, dengan Seagate Backup Plus Slim, Anda bisa langsung berbagi video baru langsung ke akun Youtube.

8. Verbatim Store ‘n’ Go Portable Hard Drive

Verbatim Store 'n' Go Portable Hard Drive

Hardisk portable yang tak kalah terkenal dari tujuh hardisk sebelumnya dimiliki oleh Verbatim. Dengan SuperSpeed USB 3.0, Verbatim menjamin proses pencadangan data berlangsung cepat. Verbatim menyediakan kapasitas tampung untuk hardisk eksternal rancangannya ini mulai dari 500 GB hingga 1 TB. Anda bisa menikmati ruang penyimpanan besar yang disediakan oleh Verbatim untuk menyimpan banyak konten hiburan di dalamnya.

Verbatim Store ‘n’ Go datang bersama aplikasi pencadang data bernama Nero. Aplikasi tersebut akan bekerja menyadangkan dan mengembalikan data yang tersimpan dan terhapus di dalam hardisk. Anda bisa mengatur jadwal pencadangan data secara mandiri, mulai dari penentuan tanggal, waktu, dan menggunakan fitur proteksi dengan password jika diperlukan untuk data yang dirasa sangat penting.

9. G-Drive EV

G-Drive EV

G-Drive EV datang dari G-Technology. Alat penyimpan data eksternal dari G-Technology dibuat dengan teknologi mutakhir agar tahan terhadap kerusakan akibat terbanting ataupun terbentur. G-Drive EV tersedia dalam 2 pilihan model pelindung. Model pertamanya adalah G-Drive EV dengan ATC (All Terain Case) yang memiliki rangka tambahan yang tahan banting dari ketinggian 2 meter. Rangka ATC juga tahan terhadap air dan tidak akan tenggelam jika jatuh ke dalam air. Untuk model ATC, G-Technology menjadikan kecepatan pemindahan data sebagai prioritas utama sehingga tersedia port USB 3.0 dan Thunderbolt yang kompatibel dengan Apple Mac OS.

Untuk model keduanya merupakan wujud yang lebih sederhana. Tingkat ketangguhannya juga kalah dengan model pertama karena tidak megnandalkan case ATC, melainkan bumper pelindung berbahan karet yang membungkus bodi hardisk. Beratnya pun lebih ringan 30% dari G-Drive EV ATC. G-Drive EV model kedua juga sudah dibekali port USB 3.0, namun tanpa Thunderbolt. Agar bisa menambah port Thunderbolt, diperlukan aksesoris tambahan berupa docking, yakni Evolution Series G-Dock EV. Untuk harga, tentu G-Drive EV dengan bumper karet dibandrol lebih murah.

10. Dell Portable Backup Hard Drive

Dell Portable Backup Hard Drive

Bagi Anda yang gemar mengabadikan momen berharga yang kemudian diunggah ke media sosial pribadi, maka hardisk eksternal yang mendukung kebutuhan tersebut adalah Dell Portable Backup Hard Drive. Dengan hardisk eksternal merk Dell, Anda bisa berbagi foto dan video di dalamnya langsung ke sosial media. Tentunya, Dell juga membekali alat penyimpan ini dengan fitur auto backup yang cukup ringan sehingga tidak akan membebani performa komputer.

Selain membalut dengan fitur pencadangan data otomatis, Dell juga memungkinkan Anda merasakan keajaiban transfer data yang berjalan secepat kilat karena dihadirkan dengan interface USB 3.0. Dengan kecepatan transfer yang mampu dilakukannya, Anda bisa lebih menghemat waktu untuk melakukan pemindahan dan pencadangan data. Di samping itu, Dell juga tetap memperhatikan kondisi pasar. Jadi, hardisk ini juga tetap dapat diterapkan pada perangkat dengan USB 2.0 ataupun USB 1.0.

Dell Portable Backup Hard Drive dirancang dalam bentuk yang ringkas dan ringan. Untuk ukuran ruang penyimpannya, Dell menyediakan storage space yang besar. Hardisk eksternal merk Dell juga tidak memerlukan kabel daya tambahan. Anda hanya perlu mencolok pada port USB pada PC Anda. Satu lagi, hardisk portabel milik Dell kompatibel pada PC Windows, dengan catatan harus dengan dukungan aplikasi Seagate Dashboard yang disediakan.

11. ADATA HD710 3.0 External Hard Drive

ADATA HD710 3.0 External Hard Drive

Jika saat ini Anda benar-benar membutuhkan hardisk eksternal kualitas terbaik, maka pilihan yang tepat adalah Adata HD710 3.0 External Hard Drive. Hardisk eksternal Adata memiliki kemampuan transfer data yang cepat dan tahan banting. Hardisk dengan pilihan kapasitas 500 GB – 2 TB dari Adata telah ditenagai oleh port USB 3.0. Hardisk ini datang bersama tampilan yang keren, intuitif, dan ekspresif. Terdapat tiga pilihan warna yakni hitam, kuning, dan biru. Kabel tambahan bisa dilingkarkan ke sisi hardisk sehingga mudah digunakan dan tidak gampang hilang. Ada lampu LED biru yang akan menyala saat proses transfer data berjalan.

Hardisk eksternal merk Adata dirancang dengan desain yang menarik. Pada sisi hardisk terdapat pelindung berbahan Silicon Rubber dan drive berstandar militer yang menjadikannya aman ketika terjadi benturan atau ketika hardisk terjatuh secara tak sengaja. Selain itu, Adata HD170 juga lolos uji IP68 yang artinya tahan terhadap semburan debu dan/atau siraman air. Dengan sertifikasi IP68 yang diperoleh, Adata HD170 tetap menunjukkan performanya tanpa masalah meskipun berada di kondisi lingkungan berdebu atau secara tak sengaja tenggelam ke dalam air selama 60 menit.

12. HGST Touro Mobile

HGST Touro Mobile

Terakhir, merk hardisk eksternal terbaik dipegang oleh HGST Touro Mobile. Mengingat bahwa perangkat besutan Hitachi ini termasuk hardisk yang murah, maka tidak sepadan sekali jika disetarakan dengan keunggulan yang dikantonginya. Memangnya, apa keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh HGST Touro Mobile?

Pertama, fungsi plug and play dan teknologi antarmuka USB 3.0 yang cepat. Kemudian kualitasnya sebagai hardisk yang sudah diakui karena andal dalam urusan menyimpan, melindungi, dan mengelola data. Selain itu, beralih ke desainnya, HGST Touro Mobile terlihat sangat memukau berkat balutan material bermutu tinggi yang bertekstur dan halus.

HGST Touro Mobile bisa dicolokkan pada USB 2.0. Tidak diperlukan adaptor tambahan karena hardisk ini bisa langsung nyala hanya dengan kabel USB biasa. Pada badan hardisk telah terpasang lampu indikator LED yang menandakan proses transfer data yang sedang berjalan sehingga Anda mengetahui kapan waktunya harus mencabut hardisk tanpa dihantui pertanyaan apakah proses pemindahan data sudah selesai atau belum.

Yang lebih menariknya lagi, HGST Touro Mobile sinkron terhadap dua sistem operasi populer, seperti Windows dan Mac. Untuk Microsoft Windows,hardisk ini sudah diformat dengan sistem NTFS. Sedangkan pada Mac OS, agar bisa kompatibel hanya dibutuhkan format ulang dengan Disk Utility bawaan Mac OS yang bisa dilakukan tanpa memerlukan sejumlah pengaturan rumit.

Jika setelah melihat rekomendasi daftar merk hardisk terbaik tersebut Anda masih bingung untuk memilih yang mana, maka perlu sekali untuk mengetahui sedikit tips dalam membeli hardisk eksternal. Pastikan ketika menentukan mana yangkah produk yang paling tepat untuk Anda, perhatikan hardisk tersebut kompatibel dengan sistem operasi apa, kemudian sesuaikan kebutuhan agar tidak bingung menentukan kapasitas tampungnya, selanjutnya perhatikan kecepatan rotasi dari piringan hardisk, lalu tentukan hardisk tersebut menggunakan port USB apa, dan pastinya Anda juga harus memilih hardisk dengan fitur wajib seperti backup dan password protection.

Leave a Reply